Saturday, September 22, 2018

APEL PAGI TIPE MURID

Sitti Maisaroh, MC Apel Pagi

Sabtu, 22 September 2018 MTs Al-Wathan Larangan Perreng Pragaan Sumenep gelar Apel Pagi sebagai acara rutinitas mingguan. Acara ini dimaksudkan untuk menumbuhkan semangat disiplin siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar, juga memantik gairah belajar setelah kemarin menempuh liburan pendek mingguan (jumatan).

Dalam pagelaran Apel Pagi ini yang bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Bapak H. Kurniadi, S.HI. Dalam amanahnya, Bapak H. Kurniadi menyampaikan beberapa hal penting. Di antaranya, pertama, macam-macam murid itu ada tiga: (1) murid sangreh (tak berbobot dan tak berkualitas), yaitu murid yang sering melanggar tata tertib yang berlaku; murid yang tidak memperhatikan penjelasan guru dalam kegiatan belajar mengajar; murid yang kebut-kebutan ketika berkendaraan dan perilaku negatif lainnya. (2) Murid sedang. (3) Murid super, yaitu murid yang benar-benar mentaati tata tertib yang berlaku, baik disukai atau tidak; murid yang aktif belajar.


Beliau menambahkan, hendaknya para murid mengalokasikan waktu pada malam hari untuk tekun belajar walau sekadar 30 menit, jangan hanya menghabiskan waktu untuk menonton tivi. Jika ingin jadi orang yang berhasil harus dilalui dengan susah payah terlebih dahulu. Mustahil menjadi orang berhasil tanpa ada usaha yang sungguh-sungguh.

Kedua, dalam melaksanakan shalat jamaah Zuhur hendaknya jangan bermain-main. Jangan ada lagi ketika sedang shalat sebagian murid menginjak kaki temannya atau main senggol-senggolan.

Ketiga, ketika usai wiridan dan doa bakda shalat Zuhur hendaknya para murid bersalaman dahulu kepada imam shalat (pengasuh/guru) dengan mencium tangannya. Menurut Bapak H. Kurniadi, murid yang bersalaman dengan mencium tangan guru (imam) akan ada pengaruh positif pada kejiwaan murid, yaitu ada aura positif yang mengalir dari imam pada murid, ibarat pula seorang anak bersalaman kepada orang tua dengan mencium tangannya, spiritualitas orang tua akan mengalir pada jiwa anaknya. (MQ).

No comments:

Post a Comment