Sunday, August 19, 2018

MENGHARGAI JASA PAHLAWAN UNTUK MEMPERKOKOH PERSATUAN

Oleh Sitti Maisaroh*)

Negara kita bisa tegak karena jasa para pahlawan. Jasa mereka bisa kita rasakan saat ini. Jasa mereka tak boleh kita lupakan dan harus kita hargai demi menjaga persatuan dan kesatuan bangsa kita, yaitu Indonesia tercinta.

Kita selaku generasi muda harus menghargai jasa pahlawan dengan selalu mengenang apa yang telah mereka korbankan. Mereka rela berkorban nyawa demi negara kita. Kita harus ingat pada perkataan Bung Karno, jas merah (jangan sekali-kali melupakan sejarah).

Di antara menghargai jasa para pahlawan adalah hendaknya ita menjaga dan mempertahankan kemerdekaan dengan memelihara persatuan dalam keragaman sehingga terhindar dari berpecahan.

Untuk mengingat jasa pahlawan kita harus mengamalkan Pancasila dan mengamalkannya semampu kita. Sifat yang harus kita contoh dari para pahlawan adalah bisa menerima pendapat orang lain, lapang dada, tolong menolong, bekerja sama, penuh pengertian, tidak sombong, nasionalisme, patriotisme, pantang menyerah dan lain-lain.

Apakah kalian bisa memliki salah satu dari sifat para pahlawan yang ada di atas? Seharusnya bisa karena sifat-sifat seperti itulah yang dapat mengantarkan Indonesia ini meraih kemerdekaannya.

Hargailah jasa pahlawan demi persatuan bangsa Indonesia!
***
­­_______________
*) Penulis adalah siswi kelas VIII (delapan) MTs Al-Wathan. Tinggal di Tobato Tenggina Larangan Perreng Pragaan Sumenep.

No comments:

Post a Comment