Wednesday, August 21, 2019

PENTINGNYA PENDIDIKAN UNTUK GENERASI MUDA

Oleh: Musyarifah *)



Pendidikan adalah sebagai penyempurna bagi ilmu yang dimiliki seseorang, jika ilmu tidak disempurnakan dengan pendidikan, bagai ruang tanpa jendela, akan sia-sia.

Berbicara pendidikan, kita sebagai penikmat hasilnya, harus mengingat pahlawan pendidikan, yaitu ibu kita, Raden Ajeng Kartini yang sangat berjasa terhadap pendidikan di tanah air kita ini, karena dulu dialah yang berhasil merobohkan dinding pembatas bagi kaum hawa. Dengan perantaranya, tidak ada lagi batasan antara laki-laki dan perempuan dalam dunia penididikan. Maka karena itu, nikmatilah dengan baik hasil perjuangannya dengan belajar yang sungguh-sungguh agar tidak mengecewakan perjuangan di masa hidupnya yang dengan susah payah mencapai keberhasilan yang akan selalu menjadi catatan terindah dalam sejarah pendidikan.

Pendidikan sangat berarti, terutama bagi remaja, muda-mudi yang masih memiliki masa depan cerah agar masa depannya tetap menjadi masa depan yang gemilang. Remaja yang tidak berpendidikan akan sangat mudah untuk dirusak masa depannya, karena mereka tidak memiliki pendirian dan pegangan untuk dijadikan motivasi sebagai perisai agar tidak ada yang ingin menghalangi bersinarnya sang mentari. Dengan pendidikan yang baik kita akan berhasil menjauhkan hal negatif yang ingin mendekat, karena ketika kita sudah bertekad maka pasti mendapat hasil sesuai dengan usaha yang kita lakukan dan rintangan yang kita lewati dengan pendidikan.

Pendidikan penting bagi kita sebagai pelajar dan masyarakat, ketika berteman dan berkeluarga. Ketika menjadi pelajar, seseorang harus menghormati terhadap orang yang mengajarinya dan mentaati aturan yang berlaku. Ketika ada di masyarakat, seseorang harus menghormati pendapat orang lain, membantu sesama, dan ketika mengambil keputusan harus konsisten. Apalagi jika seseorang berteman, maka mereka harus pengertian terhadap satu sama lain. Begitu pula kalau sudah berkeluarga, semua anggota keluarga harus bisa menjalani kewajibannya masing-masing. Ketika ada anggota keluarga berbuat kesalahan, dididik dan dikembalikan ke jalan yang benar. Begitulah pentingnya pendidikan.

Mungkin kedengarannya memberikan pendidikan itu sulit, namun sebenarnya hanya sederhana saja, tidak perlu menguras banyak tenaga walaupun yang dididik tersebut tidak menginginkan pendidikan. Mungkin ini lebih mengarah kepada tips; pertama, ikuti saja yang dia ingini walaupun tidak masuk dalam kategori pendididkan, seterusnya selingi saja keinginannya tersebut dengan pendidikan, lalu lama-lama tanpa sadar dengan sendirinya ia akan menyukai terhadap pendidikan tersebut.

Pendidikan juga mengajarkan agar kita disiplin, baik waktu atau tempat. Jika kita bisa disiplin waktu dan tempat, yakni menggunakan waktu yang ada sebaik mungkin dan mengetahui terhadap situasi atau kondisi, maka kita tidak akan merepotkan pada orang lain. Dengan itu, kita sudah berpendidikan dapat menggunakan waktu dan mengetahui tempat atau kondisi. Pendidikan bukan hanya tentang pembelajaran saja, tapi juga bagaimana kita bersikap dan bertingkah laku dengan baik.

Dalam pembahasan pendidikan, banyak manfaat yang terkandung di dalamnya. Ketika seseorang mempunyai pendidikan yang baik, maka orang tersebut tidak akan mudah berburuk sangka terhadap orang lain, tidak akan mudah termakan omongan orang lain, dia bisa selalu teguh pendirian, tidak bimbang, karena itulah, seorang yang berpendidikan mudah dipercaya orang lain karena dia sudah dianggap baik oleh orang lain, tapi jangan pernah sekali-kali kita menghancurkan kepercayaan orang pada diri kita sendiri. Karena seperti itu akan merugikan diri sendiri dan orang lain. Ada sebagian kecil yang mengejar pendidikan hanya untuk memperoleh ketenaran, itu tidak akan bermanfaat bagi siapapun.

Jika kalian ingin memiliki pendidikan yang baik, maka berniatlah dahulu dengan baik, karena segala sesuatu tergantung pada niat yang ada dalam hati masing-masing seseorang, kemudian belajar dengan baik, segala kebaikan dimulai dari kebaikan, dan minta restu orang tua, memohon kepada Allah untuk diberikan pendidikan yang baik untuk kalian.

Seseorang yang tidak mempunyai pendidikan yang baik, akan sering dibelakangkan, sulit dipercaya orang lain. Orang yang tidak berpendidikan tidak dapat membedakan antara yang benar dan yang salah, terkadang mereka akan menghalalkan segala cara untuk menuruti kemauannya yang terkadang tidak sesuai dengan apa yang dibutuhkan.

***
Sumenep, 20 Agustus 2019
________
*) Penulis adalah siswi kelas IX (sembilan) MTs Al-Wathan.

No comments:

Post a Comment