Wednesday, August 21, 2019

PAHLAWAN BANGSA, AKAN SELALU KUKENANG

Oleh: Tsuwaibatul Islamiyah *)



Pahlawan adalah orang yang berjuang untuk negara kita, yakni Indonesia tercinta. Tanpa perjuangan mereka, Indonesia tidak akan merdeka dan mungkin masih berada dalam ketidakadilan, penindasan dan cengkeraman penjajah.

Para pahlawan berjuang mati-matian untuk memperjuangkan keadilan negara Indonesia. Sungguh sangat mulia jasa dan pengorbanan mereka.

Pahlawan tidak mengenal kata lelah demi menegakkan keadilan untuk bisa membebaskan Indonesia dari jeratan penjajah. Para pahlawan mampu mengorbankan jiwa dan raga hanya untuk melihat Indonesia merdeka.

Dulu, apabila kita yang berada dalam posisi negara masih terjajah mungkin saja kita tidak akan mampu melawan penjajah yang menjajah Indonesia berpuluh-puluh tahun atau bahkan ratusan tahun.

Kita seharusnya berterima kasih dan mendoakan yang terbaik untuk mereka yang telah berjuang dan berkorban untuk keadilan rakyat dan bangsa Indonesia..

Kita harus menghargai pengorbanan mereka yang tidak mengenal betapa sulitnya meraih kemerdekaan pada masa penjajahan. Mereka bahkan tidak mementingkan dirinya sendiri. Tapi mereka mementingkan negara yang sangat mereka cintai, negara Indonesia.

Betapa banyak penjajah yang sudah menjajah negara Indonesia ini, tetapi para pahlawan mampu memperjuangkan kemerdekaan Indonesia seperti yang kita rasakan saat ini.

Sekarang kita hanya tinggal menikmati hasil dari perjuangan para pahlawan dan karena itu, kita harus berusaha untuk bisa menjaga keutuhan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).

Tanpa mereka kita bukan siapa-siapa. Tanpa mereka kita tidak punya apa-apa. Dan, tanpa mereka mungkin saat ini kita masih merasakan betapa pahit dan gelapnya kehidupan.

Terima kasih kepada para pahlawan yang telah berkorban dan berjuang untuk bisa mencapai kemerdekaan yang menjadi sumber cahaya bagi rakyat Indonesia.
***
Sumenep, 20 Agustus 2019
__________
*) Penulis adalah siswi kelas IX (sembilan) MTs Al-Wathan.

No comments:

Post a Comment