Monday, September 9, 2019

ALAT TRANSPORTASI DI ERA GLOBALISASI


Oleh : Tsuwaibatul Islamiyah

Tsuwaibatul Islamiyah

Alat transportasi di Indonesia semakin berkembang pesat mengikuti era globalisasi. Banyak sekali perbedaan alat transportasi zaman dahulu dan sekarang.

Pada zaman dahulu alat transportasi di Indonesia banyak menggunakan tenaga hewan, misalnya, alat transportasi andong adalah alat transportasi yang berasal dari Betawi yang menggunakan tenaga kuda untuk bisa menjalankannya. Di Madura kendaraan semacam itu disebut dokar.

Dari waktu ke waktu alat transportasi di Indonesia berkembang pesat sejalan dengan laju perkembangan teknologi, seperti halnya alat transportasi darat meliputi sepeda, motor, mobil, kereta api, dan lain-lain, dan alat transportasi udara berupa pesawat dengan berbagai jenisnya.

Alat transportasi seperti sepeda atau motor dapat mempermudah pekerjaan kita. Kita tidak harus susah lagi mencari andong untuk pergi ke pasar atau kita dapat mengunjungi saudara dan kerabat jauh dengan adanya alat transportasi yang semakin canggih ini.

Orang-orang yang sumber pencahariannya sebagai tukang becak, pada awalnya menggunakan sepeda tetapi dengan pesatnya perkembangan zaman becak dimodif menggunakan mesin motor.

Alat transportasi laut yang modern juga semakin mempermudah kita melakukan sesuatu, misalnya nelayan. Andai tidak ada kapal laut atau sejenisnya, para nelayan tidak akan bisa mencari ikan sampai ke tengah laut untuk bisa mendapatkan hasil tangkapan yang memuaskan.

Dulu orang pergi haji menggunakan alat transportasi laut yang memakan waktu cukup lama untuk sampai pada tujuan. Tetapi sekarang sudah ada pesawat yang tidak membutuhkan waktu lama untuk sampai pada ketujuan dimaksud.

Tetapi, meskipun alat transportasi modern tersebut semakin mempermudah pekerjaan dan kebutuhan kita, transportasi tersebut ada plus minusnya, dampak negatifnya bisa menyebabkan pencemaran udara, khususnya di kota-kota besar, seperti Jakarta dan sejenisnya yang merugikan kesehatan. Maka, selama kita masih memungkinkan untuk menggunakan transportasi tradisional, misalnya untuk jarak dekat, lebih baik menggunakan transportasi tradisional daripada kendaraan modern agar kesehatan kita lebih terjamin.

***

Sumenep, 03 September 2019
___________
*) Penulis adalah siswi kelas IX (sembilan) MTs Al-Wathan.

No comments:

Post a Comment