Thursday, September 5, 2019

TEKNOLOGI CANGGIH MEMANJAKAN GENERASI ERA MILENIAL



Oleh : Wiqayatur Rohmaniyah *)



Wiqayatur Rohmaniyah

Kemajuan teknologi komunikasi, informasi dan transportasi mengantarkan kita pada zaman globalisasi, sebuah era kampung dunia yang modern dan canggih. Kemajuan ini tentu memanjakan setiap kalangan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Teknologi modern ini sengaja diciptakan demi kemajuan suatu bangsa, termasuk bangsa Indonesia tercinta. Dengan lahirnya teknologi mutakhir seperti yang kita rasakan saat ini, kita bisa lebih mudah melaksanakan segala hal, baik belajar, berbisnis, silaturrahmi dengan keluarga dan kerabat jauh atau berbagai kepentingan lainnya.

Semakin canggih teknologi komunikasi, misalnya, tentu dampaknya berimbang pula, sebagaimana bisa kita lihat di kalangan remaja dewasa ini. Dengan lahirnya beragam aplikasi yang menjadi konsumsi publik sebagai media dalam melakukan banyak hal, mereka merasakan banyak manfaat darinya. Kebutuhan hidup jauh lebih mudah terpenuhi. Dan, dalam sisi lain, kemajuan teknologi informasi itu di tangan orang-orang yang tidak dewasa dalam menggunakannya cenderung digunakan pada hal-hal yang tidak semestinya dilakukan.

Menarik memang bila kita berbicara tentang teknologi demi kemajuan suatu bangsa dalam semua bidang. Hal itu membutuhkan pemikiran yang mapan dan langkah-langkah konkret demi meraih kemajuan dimaksud.

Sepintas bila kita mengingat cerita nenek moyang kita terdahulu, bisa kita bayangkan bagaimana mereka hidup di dunia yang belum mengenal teknologi super canggih, bagaimana cara hidup mereka, bagaimana cara berpikir mereka, bagaimana akhlak mereka, lalu kita bandingkan denga kehidupan para remaja sekarang. Keduanya ada plus minusnya.

Di zaman yang serba mapan ini, pola pikir kita pun mengarah pada konsep penciptaan produk yang serba instan. Teknologi yang semakin mapan ini haruslah kita gunakan untuk hal-hal yang mapan pula. Jangan malah sebaliknya. Semakin kita bisa menikmati teknologi dengan mudah, maka jangan sampai kita terbuai manja sehingga membuang-buang waktu begitu saja dalam berselancar di dunia maya, di media sosial (medsos). Sebagai warga netizen, tugas-tugas sosialnya di dunia nyata jangan sampai terabaikan karena itulah nilai dedikasi manusia yang sebenarnya.

Kita sebagai generasi penerus bangsa yang masih berdarah muda haruslah lebih sigap dan bersikap lebih bijaksana dalam menghadapi era globalisasi di era milenial seperti sekarang ini. Kita siapkan mental baja dalam melawan arus perubahan yang serba cepat ini.

Maka dari itu, kita harus bisa menggunakan teknologi sebaik mungkin. Teknologi memang sangat penting untuk kita manfaatkan pada hal-hal yang positif. Kita harus bisa melahirkan generasi-generasi muda yang bisa memanfaatkan teknologi pada hal-hal yang positif. (MQ).


***

Sumenep, 03 September 2019
___________
*) Penulis adalah siswi kelas IX (sembilan) dan Ketua OSIS 2019/2020 MTs Al-Wathan.

Untuk menyimak pitutur penulis di youtube tentang kisah hikmah dan literasi, silakan klik tautan di bawah ini: 

No comments:

Post a Comment