Friday, January 4, 2019

PENYERAHAN RAPOT SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2018/2019


MTs Al-Wathan, Larangan Perreng, Pragaan, Sumenep mengadakan Pertemuan Wali Murid, Jumat, 4 Januari 2018 dalam rangka penyerahan rapot semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019.

Dalam pertemuan ini diisi beberapa acara, sebagai berikut. Pertama, pembukaan oleh Bapak Mujtaba Romdlon, dibuka dengan Al-Fatihah dan Yasin bersama.


Kedua, sambutan pengasuh oleh Drs. KH. Sakdani. Dalam sambutannya beliua menyampaikan beberapa hal, di antaranya tentang perlunya jalinan semangat antara wali murid, pada guru dan pihak pengelola MTs Al-Wathan demi tercapainya prestasi anak dalam semua aspek, baik intelektual, sikap maupun akhlak. Untuk mewujudkan semua itu perlu terjalin komunikasi yang harmonis antara pihak orang tua dan pihak madrasah.

Ketiga, sambutan dan laporan Kepala Madrasah oleh Bapak M. Khaliq, M.Pd.I. Dalam sambutannya beliau memaparkan tujuan pertemuan ini, di antaranya, (1) sebagai ajang silaturrahmi antara wali murid, para guru dan jajaran pengelola lembaga. Ajang silaturrahmi pada akhir semester ganjil ini merupakan memon yang tepat untuk bersilaturrahmi dan lebih khidmat dan kondusif ketimbang ketika acara haflatul imtihan. Karena pada kesempatan seperti ini sangat memungkinkan untuk curhat langsung tentang hal-hal yang berkaitan dengan problematika yang dihadapi sebelumnya guna menemukan solusi yang tepat sehingga diharapkan dalam perjalanan selanjutnya bisa lebih baik dalam berbagai hal. (2) sebagai laporan kegiatan belajar mengajar selama satu semester. Kepala Madrasah melaporkan beberapa temuannya selama satu semester yang sudah berlalu. Di antaranya, sebagian murid kurang memiliki minat belajar. Kemungkinan besar faktornya karena waktu-waktu siswa di rumah banyak dihabiskan dengan menonton televisi dan bermain HP. Beliau berharap kepada wali murid untuk meningkatkan pembinaan dan pengawasan pada putra putrinya sehingga waktu mereka tidak terbuang percuma.


Kepala Madrasah menyampaikan pula target utama yang harus dipenuhi oleh para murid, yaitu aktif masuk setiap hari. Target ini merupakan target minimal. Apabila target ini sudah terpenuhi, baru target kedua, berupa prestasi. Intinya, tempuhlah usaha dengan baik baru prestasi akan diraih.




Dalam kesempatan ini pula, Kepada Madrasah melaporkan tentang penggunaan dana hibah dari Provinsi Jawa Timur tahun 2018 untuk pembangunan ruang kelas baru (RKB). Dari dana yang masuk dengan dana yang keluar (dipakai untuk pembangunan) terjadi difisit 6 jutaan, sementara kekurangan bahan dan sisa pekerjaan yang harus dipenuhi dalam waktu dekat berupa keramik dan pemasangannya. Kekurangan ini disampaiakan kepada para wali murid guna mendapat sosulisi yang cepat dan tepat, mengingat ruang kelas baru ini akan segera ditempati untuk rangkaian kegiatan ujian negara bagi kelas akhir.


Keempat, musyawarah yang dipimpin oleh Bapak H. Kurniadi, S.HI. Dalam musyawarah ini diperoleh beberapa kesepakatan tentang hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar, misalnya tentang keaktifan dan kedisiplinan murid, juga tentang solusi yang cepat dan tepat tentang kebutuhan penyelesaian ruang kelas baru tadi, yaitu kesediaan para wali murid menyumbang dana untuk pembelian keramik secukupnya. Kebutuhan keramik 127 meter dengan harga Rp40.000 per meter. Disepakati per wali murid akan menyumbang Rp100.000.


Kelima, penobatan ranking kelas oleh masing-masing Wali Kelas yang dipandu oleh MC.,  Bapak Imam Basri Alwi, S.Pd.I selaku Wali Kelas VII (tujuh). Sedangkan Wali Kelas VIII (delapan) Bapak M. Imron dan Wali Kelas IX (sembilan) Bapak Syafi'ie, S.Pd.I.

Daftar Ranking:

Kelas VII
Ranking
Nama Murid
Nama Ayah
Alamat
I
Ahmad Farisi
Shabari
Larangan Perreng
II
Imroatus Shalehah
Asbari
Sentol Laok
III
M. Shalehoddin
Ahmad Badrul
Larangan Perreng




Kelas VIII
Ranking
Nama Murid
Nama Ayah
Alamat
I
Wiqayatur Rohmaniyah
Muzanni
Sentol Daya
II
Tsuwaibatul Islamiyah
Salehoddin
Larangan Perreng
III
Sitti Maisaroh
Snandi
Larangan Perreng




Kelas IX

Ranking
Nama Murid
Nama Ayah
Alamat
I
Irma Amilia Rahman
Sudarman
Sentol Laok
II
Muhammad Ali Fahmi
Asdawi
Larangan Perreng
III
Wildaturrohimah
Hafidi
Larangan Perreng



Keenam, penutup/doa oleh Bapak Abdur Rahim, wali dari M. Riziq.

Ketujuh, penyerahan rapot kepada masing-masing wali murid oleh PKM Kurikulum, Bapak Moh. Yusuf, S.Pd.I. (MQ).
***

No comments:

Post a Comment