Saturday, November 9, 2019

SAYANGILAH, HORMATILAH, DAN PATUHILAH ORANG TUAMU


Oleh : Tsuwaibatul Islamiyah *)

Tsuwaibatul Islamiyah

Kedua orang tua adalah orang yang menjadi sebab adanya kita, tanpa mereka kita tidak akan pernah ada di dunia. Ibu adalah orang yang telah mengandung kita selama 9 bulan dan telah melahirkan kita, sedangkan bapak adalah orang yang telah susah payah mencari nafkah untuk kita.

Ibu tak mengenal kata lelah dalam menjaga kita dari lahir ke dunia sampai kita tumbuh dewasa. Dan, seorang bapak selalu mendahulukan kepentingan anak-anaknya daripada dirinya.

Ibu dan bapak adalah seorang pahlawan bagi anak-anaknya. Mereka berusaha memberikan yang terbaik bagi kita dan memberikan rasa aman untuk kita.

Ibu bapak kita pantas dijuluki sebagai pahlawan, lebih-lebih seorang ibu, karena pengorbanan ibu saat melahirkan kita antara hidup dan mati. Seorang ibu rela mati saat melahirkan kita. Oleh karena itu, kita harus mengistimewakan seorang ibu sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW.
بِرُّالْوَالِدَةِ عَلَى الْوَالِدِضِعْفاَنِ
Kebaikan seorang ibu dua kali lipat dibandingkan kebaikan seorang bapak.

Seorang bapak pun tidak kalah pantas dijuluki sebagai pahlawan karena tanpa kerja keras seorang bapak mungkin kita tidak akan merasa aman, tenang dan kita tidak akan merasakan kebahagiaan.

Kita harus selalu mengingat segala pengorbanan mereka agar kita selalu bersyukur atas apa yang sudah mereka lakukan dan kita hendaknya mematuhi perintah-perintah mereka selagi perintah tersebut mengarah pada kebaikan.

Kita tidak boleh menyakiti hati kedua orang tua kita sekalipun dengan perkataan meremehkan dan kita harus selalu mendoakan yang terbaik untuk mereka. Mendoakan kesehatan dan keselamatan mereka.

Kita harus menjadi anak saleh yang bisa menjadi penyelamat ibu bapak kita. Sebagaimana mereka menjadi pelindung dan pemberi rasa aman untuk kita.

Kita tidak boleh membentak atau berkata kasar kepada ibu bapak kita. Merekalah yang merawat dan membesarkan kita. Seharusnya kita menyayangi mereka sebagaimana mereka menyayangi kita.

***

Sumenep, 20 September 2019
____________
*) Penulis adalah siswi kelas IX (sembilan) MTs Al-Wathan.

No comments:

Post a Comment