Friday, August 17, 2018

MENGHARGAI JASA-JASA PARA PAHLAWAN

Oleh Wiqayatur Rohmaniyah *)

Kemerdekaan adalah suatu hal yang sangat dirindukan, penting dan berharga bagi kehidupan dalam berbangsa dan bernegara. Kemerdekaan artinya kebebasan dari cengkeraman penyiksaan penjajah.

Dalam sejarah merebut kemerdekaan, tidak bisa dipisahkan dengan peran para pahlawan. Pahlawan adalah orang yang berjuang dalam memerdekakan negara. Kita jangan sampai melupakan jasa-jasanya seperti yang dikatakan oleh Bung Karno, "Jas Merah (jangan sekali-kali melupakan sejarah)".

Kita harus menghargai jasa-jasa mereka dengan meneladani perilaku-perilakunya. Bagaimana caranya kita bisa tahu tentang jasa-jasa mereka? Rajinlah membaca buku-buku sejarah. Dengan demikian, kita akan bisa meneruskan perjuangan mereka walaupun dalam bentuk yang berbeda.

Pengorbanan para pahlawan kita sangat besar dan sangat pahit rasanya dalam perjalanannya. Mereka berkorban dengan peras keringat, linangan air mata, cucuran darah nyawa. Maka dari itu, kita sebagai bangsa Indonesia harus tetap bersatu dalam suka maupun duka. Orang-orang dulu bermental baja. Tidak takut menghadapi rintangan apapun.

Kita sebagai pemuda Indonesia selalu memperingati ulang tahun kemerdekaan Indonesia setiap tanggal 17 Agustus untuk  mengingat kembali perjuangan-perjuangan yang telah dilakukan oleh pahlawan kita.
Paduan suara HUT RI ke-73 Yayasan Rabithatul Amin di halaman MTs Al-Wathan
Selaku pemuda Indonesia, kemerdakaan harus kita isi dengan hal-hal yang baik dengan beragam bentuknya, bukan diisi dengan hal-hal yang salah. Itulah salah satu bentuk menghargai jasa-jasa para pahlawan.

Berkat pertolongan Allah SWT dengan didorongkan oleh keinginan luhur para pahlawan, kita bebas dari penjajahan. Jadi, kita sebagai penerus bangsa harus siap belajar dan berkorban demi keutuhan bangsa dan negara. Dan, tak lupa kita berdoa semoga mereka mendapat ampunan dan kasih sayang Allah.

Dirgahayu Republik Indonesia ke-73.
***
Sumenep, 17 Agustus 2018
__________________
*) Penulis adalah siswi kelas VIII (delapan) MTs Al-Wathan.

No comments:

Post a Comment