Sunday, July 29, 2018

BERSELFIE ITU INDAH ATAU MENJADI MASALAH

Oleh Sulalah*)


Setiap zaman selalu ada sesuatu yang diganderungi oleh anak zamannya. Sejalan dengan perkembangan teknologi, muncullah produk alat komunikasi dengan beragam aplikasi yang tersemat di dalamnya. Hal itulah mempengaruhi gaya hidup manusia zaman sekarang.

Akhir-akhir ini, anak muda khususnya, suka berfoto selfie dengan motif yang beragam lalu mengunggahnya ke media sosial, misalnya ke facebook. Dengan berselfie kita bisa terhibur, mengabadikan momen penting yang pada suatu waktu kelak mudah diingat kembali, menjalin keakraban di antara sesama yang mungkin sebelumnya pernah renggang, menginformasikan apa yang terjadi sekarang ini di suatu tempat di mana kita berada dan bisa pula mengabarkan keadaan dan posisi kita saat ini.

Kadang-kadang berselfie itu menjadi hina karena keteledoran kita. Gara-gara doyan berselfie para muda menjadi lupa waktu, anak-anak berani membantah orang tuanya ketika disuruh membantu keperluan rumah tangganya, dan enggan menolong sesamanya.

Selain itu, kita kadang tidak selektif memilih foto-foto untuk dipampangkan di dinding media sosial. Misalnya menunjukkan kemarahan, penampilannya erotis, sombong, pamer, lebai, alai dan sejenisnya. Disadari atau tidak, pada akhirnya gaya-gaya negatif itu sedikit banyak berpengaruh pada pola hidup masyarakat sehingga menimbulkan masalah besar.
***
Sumenep, 29 Juli 2018
___________
*) Penulis adalah siswi kelas IX (sembilan) MTs Al-Wathan.

No comments:

Post a Comment