Thursday, July 26, 2018

MENJAGA HARGA DIRI DALAM MEMPOSTING FOTO SELFIE

Oleh Irma Amilia Rahman *)

Di era globalisasi ini, dari waktu ke waktu alat-alat teknologi modern semakin canggih. Persebarannya mulai mewabah pada putra putri bangsa ini yang tengah dipersiapkan menjadi bibit-bibit unggul bangsa kita.

Salah satu contoh alat teknologi modern adalah smart phone. Smart phone merupakan alat komunikasi canggih layaknya digunakan oleh orang modern, sehingga mereka tidak mau ketinggalan agar tidak dibilang primitif atau ketinggalan zaman.

Penggunaan smart phone dapat menimbulkan dampak positif dan negatif, tergantung orang yang memakainya. Lalu apa respons orang tua tentang hal ini, sedangkan sebagian orang tua tidak begitu mengerti tentang kecanggihan smart phone ketimbang anaknya sehingga sulit mengawasi buah hatinya? Khawatirnya mereka menggunakannya untuk sesuatu yang salah.

Salah satu fasilitas yang tersedia pada smart phone adalah kamera yang dapat mengambil gambar sesuai keinginan diri kita sendiri, termasuk dapat berfoto selfie dalam setiap kesempatan yang sedang tren di kalangan remaja bahkan orang dewasa saat ini.

Salah satu contoh negatif berfoto selfie, misalnya megumbar aurat atau berfoto dengan lawan jenis lalu di posting di media sosial. Mereka sepertinya sedang dilanda krisis rasa malu. Padahal harga diri merupakan sesuatu yang paling mahal dalam diri manusia yang harus senantiasa dijaga dengan baik.

Sisi positif berselfie adalah dapat mengabadikan momen-momen penting dan berharga yang mungkin momen itu tidak akan terulang lagi untuk kedua kalinya.

Nilai baik buruknya berselfie sangat tergantung pada tujuan, cara dan layak tidaknya foto itu dipublikasikan di media sosial menyangkut harga diri orang yang bersangkutan dan keluarganya.
***
Sumenep, 26 Juli 2018
__________
*) Penulis adalah siswi kelas IX (sembilan) MTs Al-Wathan. Ketua OSIS 2018.

No comments:

Post a Comment