Sunday, July 22, 2018

SMART PHONE, HIDUP JADI MUDAH ATAU BERMASALAH

Tsuwaibatul Islamiyah *)

Smart phone merupakan alat komunikasi canggih yang mendekatkan jarak di antara sesama. Menu aplikasi yang tersedia di dalamnya mempermudah urusan kita. Contoh aplikasi tersebut ialah google, facebook, WA dan semacamnya. Misalnya di facebook, kita bisa punya banyak teman, bisa berkomunikasi dengan teman atau saudara. Intinya, dengan smart phone kita bisa lebih mudah berkomunikasi, baik via telpon, SMS, WA dan lain-lain.

Dengan smart phone kita bisa mengetahui ragam informasi daerah lain ataupun negara lain. Misalnya, berita tentang bencana alam, politik, perhelatan, ekonomi dan lainnya.

Sebaliknya, dengan smart phone kita bisa mudah terpengaruh budaya luar yang kadang bertentangan dengan budaya kita. Kalangan pelajar yang kecanduan smart phone terkadang tidak mengenal waktu, waktu yang semestinya diisi dengan belajar malah dihabiskan dengan bermain smart phone. Prestasi kita tentu akan menurun.

Sebagai himbauan saya, gunakanlah smart phone seperlunya saja, jangan sampai minat belajar kita terhambat. Kita bisa menggunakannya pada hal-hal positif saja untuk mempermudah urusan keseharian kita.
***
Sumenep, 21 Juli 2018
_________
*) Penulis adalah siswi kelas VIII (delapan) MTs Al-Wathan.

No comments:

Post a Comment