Monday, July 16, 2018

DAMPAK SMART PHONE (Semua Tergantung Kita)

Oleh Wiqayatur Rohmaniyah *)
Ada banyak orang mempunyai smart phone (HP. pintar). Apabila orang tersebut menggunakannya dengan baik, maka akan menimbulkan hal baik pula. Contohnya, saya juga mempunyai smart phone dan menggunakannya pada hal positif, seperti digunakan untuk menelepon teman untuk menanyakan tugas tentang hal-hal yang berkaitan dengan sekolah, misalnya tentang tugas dan lain-lain. Dan, kita juga bisa terhubung dengan saudara-saudara kita nan jauh di sana.

Dari saking canggihnya elektronik (smart phone), kita bisa menggunakan aplikasi WhatsApp (WA) untuk mengetahui bagaimana kabar saudara yang tak lagi berkumpul dengan kita, misalnya berada di daerah lain seperti di Jawa, misalnya menggunakan video call.

Selain WA masih banyak aplikasi lainnya yang bisa digunakan. Gunakanlah smart phone itu pada hal-hal yang baik yang sekiranya tidak menimbulkan kekacauan sosial.

Sebaliknya, dampak negatif smart phone tergantung pada penggunanya. Apabila digunakan pada hal-hal buruk, akan menimbulkan hal buruk juga, seperti dalam menggunakan aplikasi di atas. Demikian pula aplikasi lainnya, seperti facebook dan youtube. Facebook apabila digunakan untuk memamerkan bodi dan memajang foto yang membuka aurat, hal itu sangat tidak baik. Demikian pula dengan youtube yang oleh anak muda kadang digunakan untuk menonton film porno dan lain-lain.

Maka dari itu, jika kita sampai terpengaruh dengan hal-hal yang negatif, kita akan terjerumus dan sulit untuk kembali pada perbuatan yang baik.
***
Sumenep, 16 Juli 2018
________
*) Siswi kelas VIII (delapan) MTs Al-Wathan.

No comments:

Post a Comment