Tuesday, July 17, 2018

SMART PHONE SEBAGAI TANTANGAN

Oleh Siti Maisaroh *)
Dampak positif smart phone (HP. cerdas) adalah mempermudah kita untuk mengetahui sesuatu yang jauh di sana ataupun dekat dan sebagai sarana untuk mengakses pengetahuan yang luas bagi yang menginginkannya. Pengetahuan yang dimaksud tentu pengetahuan yang positif, yang bermanfaat bagi kita.

Sebaliknya, dampak negatifnya adalah memudahkan sesuatu yang asing dan tak berguna masuk dalam kehidupan kita dengan mempengaruhi pikiran dan perilaku kita.

Zaman sekarang (zaman now, kata orang-orang), pengguna smart phone murambah kalangan anak-anak. Sangat disayangkan bila anak-anak tersebut menggunakannya tanpa pengawasan ketat dari orang tua. Sangat dimungkinkan mereka menggunakannya untuk hal-hal negatif. Jika hal ini terjadi, maka masa depan mereka akan menjadi suram. Tak sedikit dari mereka menggunakan media sosial (medsos) dengan semaunya tanpa menghiraukan dampaknya kelak.

Media sosial sedikit banyak akan mempengaruhi perilaku kita, bahasa kita yang semakin hari semakin gaul. Perubahan gaya hidup semakin nyata, seperti gaya rambut, model pakaian dan lainnya. Oleh karena itu, gunakanlah smart phone untuk mendulang kebaikan.
***
Sumenep, 16 Juli 2018
_____
*) Penulis adalah siswa kelas VIII (delapan) MTs Al-Wathan.

No comments:

Post a Comment