Monday, July 23, 2018

MENELISIK KEGUNAAN DAN KERUGIAN SMART PHONE

Oleh Ilham As'ari *)

Seperti yang kita ketahui, smart phone bisa menguntungkan dan juga merugikan penggunanya. Lebih jauh, saya melacak keuntungan yang bisa diperoleh oleh pengguna smart phone, di antaranya, pertama, mendapatkan informasi atau mengetahui hal-hal yang telah dan sedang terjadi di mana-mana.

Kedua, sebagai media belajar, misalnya dapat belajar kamus, seperti KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), bahasa Inggris, bahasa Arab dan kamus lainnya. Hal ini mempermudah kita untuk mencarai makna kata, sehingga kita dapat meyelesaiakan tugas bahasa dengan mudah kekita kita sedang belajar di rumah masing-masing, lebih-lebih bahasa asing, misalnya bahasa Inggris. Kita cuma perlu mengambil smart phone lalu mengetik kata yang dicari maknanya.

Ketiga, dapat dugunakan untuk mencari pekerjaan. Dulu banyak orang kesulitan mencari lowongan pekerjaan. Di zaman modern sekarang ini, orang-orang sudah tidak kesulitan mencari lowongan pekerjaan dengan cara mencarinya melalu smart phone yang mereka miliki.

Ketiga, dapat digunakan untuk jual beli online. Banyak orang--terutama kaum wanita--ketika hampir memasuki hari raya, mereka memesan barang atau pakaian secara online. Mereka tinggal memilih model pakaian yang sedang ngetren yang diposting oleh para penjual online.

Keempat, melihat video yang bermanfaat bagi kita, seperti dakwah, cerita para nabi atau hafizh yang sedang membaca Al-Qur'an. Jika kita melihat video seperti tersebut di atas, hati kita akan damai, tenang dan akan dapat banyak pelajaran.

Selain beberapa manfaan smart phone tersebut, di bawah ini saya juga kemukakan contoh dampak negatif smart phone karena kesalahan penggunanya. Misalnya, pertama, membuat orang lupa diri. Maksudnya, jika seseorang sudah tergiur oleh smart phone dengan menu yang memanjakannya, maka dirinya bisa lupa akan semua hal, misalnya lupa pada pelajaran di sekolah. Selain itu, jika ia sedang mengoprasikan smart phone sambil berjalan, lebih-lebih sambil berkendaraan, maka orang tersebut kemungkinan akan mengalami kecelakaan yang merugikan dirinya dan orang lain.

Kedua, membuat pikiran orang mumet. Maksudnya, pikirannya akan melamun ke mana-mana. Akibatnya, ia akan kehilangan konsentrasi pada apa pun. Contohnya, ia akan malas membuka pelajaran dan kehilangan semangat untuk bersekolah.

Ketiga, digunakan untuk menonton video yang kurang baik. Hal itu akan merusak pikiran dan perilakunya.

Keempat, membuat pergaulan kurang baik. Maksudnya, jika anak-anak atau para remaja tidak diawasi oleh orang tua dalam menggunakan smart phone, pasti akan mudah terpengaruh oleh gaya-gaya hidup orang yang tidak baik.

Kelima, mudah mengganggu atau tergoda pada tunangan atau istri orang lain lewat video call, inbox dan semacamnya. Dia akan lupa segalanya bahwa dia sudah punya pasangan. Maka ia berpotensi akan merusak hubungan orang lain dan merusak hubungan dirinya dengan tunangan atau istrinya.

Dari uraian di atas, diharapkan kita akan dapat memetik manfaat smart phone serta menutup segala kemungkinan akibat buruk yang menyesatkan yang ditimbulkannya karena tidak tepat dalam menggunakannya.
***
Sumenep, 23 Juli 2018
__________
*) Penulis adalah siswa kelas VIII (delapan) MTs Al-Wathan.

No comments:

Post a Comment