Thursday, July 19, 2018

MENGGUNAKAN SMART PHONE SESUAI KEBUTUHAN, BUKAN SEKADAR KEINGINAN

Sitti Aisyah *)
Di zaman modern ini, rata-rata orang-orang menggunakan smart phone untuk berkomunikasi dengan sesamanya, baik itu kerabat mereka atau temannya. Sepertinya tak ada jarak yang memisahkan di antara mereka walaupun mereka saling berjauhan.

Ada dampak yang ditimbulkan dalam menggunakan smart phone, baik positif maupun negatif. Dampak positifnya, misal, (1) seperti telah disebutkan di atas bahwa kita bisa berkomunikasi dengan kerabat ataupun teman yang berjarak jauh dengan kita. (2) Kita bisa mengakses informasi atau hal-hal penting lainnya melalui smart phone dengan aplikasi google, youtube atau lainnya. (3) Kita juga bisa bermain game untuk menghibur kita agar pikiran kita tidak jenuh. (4) Kita bisa selfie, memotret momen-momen penting kita sebagai kenang-kenangan.

Demikian sebaliknya, ada dampak negatifnya, misal (1) untuk anak-anak atau remaja yang masih berstatus pelajar. Bagi kalangan pelajar, smart phone akan mengganggu belajar mereka apabila mereka tidak bisa mengatur waktu. Maka, sebaiknya bagi pelajar jangan dulu memegang smart phone jika tidak bisa mengendalikannya agar tidak merusak prestasinya. (2) Kadang smart phone tidak digunakan untuk hal-hal penting melainkan untuk melihat hal-hal yang tidak penting dan kadang melihat hal yang tidak wajar untuk dilihat, dikhawatirkan akan merusak akhlak mereka.
***
Sumenep, 16 Juli 2018
__________
*) Penulis adalah siswi kelas VIII (delapan) MTs Al-Wathan, asal Lobuk Bluto Sumenep.

No comments:

Post a Comment