Tuesday, July 31, 2018

BERSELFIE BOLEH SAJA ASAL TAHU DIRI

Oleh Wulan Amilia Rahman*)

Salah satu aktivitas sampingan yang diminati manusia sekarang adalah berfoto selfie di sela-sela aktivitas lainnya. Banyak keistimewaan yang bisa diperoleh dari berselfie, di antaranya bisa mengabadikan momen-momen penting ketika kita sedang berlibur bersama keluarga di pantai, musium, pemandian, pegunungan atau lainnya. Di sana kita menjumpai banyak pemandangan yang indah sehingga membuat latar foto selfie kita menjadi istimewa dan sangat menghibur.

Dengan memposting foto selfie tersebut ke media sosial berarti kita mengabadikan momen penting tak terlupakan itu yang di kemudian hari mudah kita kenang kembali.

Dengan maraknya foto selfie orang berlomba-lomba mengombar gaya terbaiknya sehingga mudah berbohong demi mencari perhatian orang lain. Misalnya orang berselfie di jendela pesawat yang kenyataannya foto tersebut editan belaka.

Banyak perempuan muslimah meng-upload foto selfienya ke media sosial dengan gaya penampilan dan pakaian yang dikenakan tidak mencerminkan sebagai insan muslimah. Hal itu mencederai harga dirinya.

Kecanduan berfoto selfie membuat orang lupa diri sehingga kurang memperhatikan keselamatannya. Misalnya bereforia di dekat jurang yang membahayakan nyawanya, atau di tempat-tempat berbahaya lainnya.

Berselfie boleh saja asalkan kita tahu diri tentang maslahat dan mafsadatnya.
***
Sumenep, 26 Juli 2018
__________
*) Penulis adalah siswi kelas IX (sembilan) MTs Al-Wathan.

No comments:

Post a Comment