Wednesday, July 18, 2018

BIJAKSANA MENYIKAPI SMART PHONE

Oleh Musyarifah *)

Jika berbicara dampak positif dan negatif smart phone, kita sepertinya ikut serta merasakan dampak-dampak tersebut karena semua orang mungkin pernah menggunakannya dan merasakan pula dampaknya. Ragam dampak smart phone (HP. pintar) tergantung pada orang yang memiliki dan menggunakannya. Bila seseorang tidak dapat menggunakannya dengan baik, maka dampaknya negatif pula. Misalnya, seseorang yang pergaulannya terlalu bebas terkadang mereka akan menggunakannya pada hal-hal yang kurang baik. Namun bila seorang pengguna adalah orang yang baik-baik kemungkinan besar dapat menggunakannya dengan baik, seperti seseorang yang kuat imannya, mereka akan menggunakannya sebaik mungkin, karena mereka akan berpikir bahwa suatu hal yang digunakan sebaik-baiknya akan berdampak baik pula.

Contoh lain dampak positif dari smart phone, seperti tersebarnya secara luas kabar-kabar baik terhadap teman, sanak saudara dan lainnya. Selanjutnya, contoh dampak negatif seperti memposting foto-foto yang tak layak untuk di lihat, juga seperti mudahnya menonton video-video yang sebenarnya juga tidak layak untuk ditonton. Dampaknya terkadang merambah kepada siswa sehingga siswa tersebut malas belajar karena kecanduan bermain game. Dan, banyak lagi dampak-dampak negatif lainnya.

Sebenarnya smart phone tidak akan berdampak negatif bila kita bisa berpikir panjang sebelum menggunaknnya terhadap hal-hal yang berdampak negatif. Saran saya pribadi adalah tidak perlu berhenti menggunakan smart phone, namun kita harus lebih hati-hati dan bijak dalam menggunakannya, karena smart phone sangat berpengaruh terhadap pola hidup masyarakat.
***
Sumenep, 16 Juli 2018
_________
*) Penulis adalah siswi kelas VIII (delapan) MTs Al-Wathan.

No comments:

Post a Comment